Thursday 19 May 2011

Source Code

seorang pilot angkatan udara AS, Colter Steven terbangaun dan myadari dirinya sedang berada di sebuah kapsul. dari kapsul tersebut ia hanya dapat berkomunikasi dengan seorang "operator"bernama Goodwin. Goodwin memberikan instruksi2 yang lebih menyerupai "doktrin" terhadap steven. instruksi tersebut mengantarkan Steven ke sebuah kejadian didalam kereta selama 8 menit (saja).

kenapa 8 menit?
karena 8 menit tersebut merupakan memori terakhir otak seorang guru sejarah bernama Sean yang tewas dalam insiden peledakan bom kereta tersebut. dengan kata lain, Steven ditugaskan untuk mencari bom sekaligus pelakunya untuk mencegah teror selanjutnya.
pada "perjalanan" pertama, Steven (yang memang belum tau apapun) gagal untuk melaksanakan tugas. perjalanan pertama lebih seperti pengenalan situasi. diikuti dengan perjalanan kedua, ketiga, keempat, kelima, dan sterusnya.

Steven terus berusaha, namun masih gagal. pada perjalanan kesekian kalinya, Steven memutuskan untuk mengambil handphone yang digunakan sebagai pemicu ledakan bom dan berhasil membuntuti pelaku. sayangnya, Steven dan Christina tertembak oleh pelaku (tersangka) dan bom kereta masih meledak.
sekembalinya dari perjalanan tersebut, Steven memberi informasi pelaku kepada Goodwin, dan berhasil, pelaku tersebut berhasil dilumpuhkan sebelum melakukan peledakan bom nuklir di tengah kota Chicago.
Christina merupakan teman Sean yang (harusnya) turut menjadi korban ledakan bom kereta. namun Steven (yang mulai terbiasa dengan Christina), jatuh cinta pada gadis tersebut. yang kemudian memicu semangat Steven untuk menyelamatkan Christina.

perjanjian awal dengan NOC-N (kalo ga salah) a.k.a institusi Goodwin, bahwa Steven boleh mati setelah tugas tersebut selesai mengalami masalah. Dr. Routledge pemilik proyek "kapsul" tersebut berusaha mengelak untuk me-mati-kan Steven dengan alasan program tersebut belum tentu cocok dengan manusia lain. disisi lain, Steven yang bupaya menyelamatkan Christina, memohon kepada Goodwin untuk melakukan perjalanan sekali lagi dan me-mati-kannya. dan goodwin mengabulkan permintaan Steven.

pada perjalanan terakhir ini, Steven berhasil menjinakkan bom sekaligus melumpuhkan pelaku. Steven berupaya merubah kondisi. Ia mengirimkan email kepada Goodwin tentang apa yang terjadi.
ternyata, Steven berhasil. ia dapat merubah "takdir". Goodwin yang menerima email dari Steven heran melihat kondisi benar-benar berubah. bom kereta gagal dan pelaku tertangkap. proyek "kapsul"atau proyek Source Code terbukti berhasil (dan sukses besar). kereta tidak meledak, penumpang selamat, dan Steven tetap "hidup" sebagai Sean dan bersama Christina. Steven juga sempat menelpon ayahnya untuk meminta maaf, tepatnya menelpon sebagai teman Steven yang memintakan maaf kepada sang ayah.

Moral Value:
> analisa yg ada disekitarmu
> no Neo anarchy Fundamentalisme.!!!! (hasil kosmo kmaren :p)
> keep trying.!!!

fav quotes, " everythings gonna be alright"

*ide film ini kreatif banget. berusaha menghindari isu-isu sensitif dengan lebih  memilih untuk menggunakan masalah (teror) bersumber dari warga AS (sendiri) yang anti-pemerintah.

*#nice film#*

No comments:

Post a Comment